Program Studi Doktor Teknik Kimia FTI ITB bertujuan menghasilkan doktor teknik kimia yang memiliki kompetensi berikut:
memiliki penguasaan subjek yang ditekuni lebih mendalam (advanced) serta memahami etika dan moral dalam pengembangan ilmu pengetahuan,
mampu melakukan penelitian secara mandiri dan memiliki pengetahuan yang terfokus pada suatu kumpulan pengetahuan yang berdiri sendiri (a discrete body of knowledge), dan
memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sejalan dengan literasi-literasi terkini dengan berkontribusi kepada bidang ilmunya dan diakui oleh para pakar di bidangnya serta terbuka diuji dan divalidasi melalui prosedur yang disepakati (scholarly aspect).
Struktur Kurikulum Program Doktor Teknik Kimia
Doktor Teknik Kimia menerapkan paradigma Learner Centered Education (LCE) serta mengembangan kurikulum berbasis pada 4 isu strategis (Big Data Analysis, Artificial Intelligensce, Coding/Computational Thinking, and Sustainability).